STRATEGI BERBICARA DI DEPAN UMUM

Ahmad Yani

Berbicara merupakan kegiatan menyampikan pikiran dan pendapat. Berbicara dapat dilakukan dimana saja, tergantung sikon kondisi juga kebutuhan. Sebelum sampai pada strategi dalam Berbicara, akan dijelaskan dulu apa itu Berbicara. Berbicara merupakan kepandaian manusia untuk mengeluarkan suara dan menyampaikan pendapat dari pikirannya (Wikipedia Indonesia). Sementara itu menurut Tarigan (1985) menyebutkan Berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi byunyi , artikulasi atau kata kata yang mengekspresikan, menyampikan serta meyatakan pikiran dan gagasan. Dari kedua pengertian tersebut maka Berbicara merupakan ketrampilan menyampikan pesan kepada orag lain melalui bahasa lisan.

      Mayoritas pemimpin dunia dan orang-orang sukses adalah orang-orang yang terampil dalam berbicara. Keterampilan dalam berbicara sangat penting dalam kehidupan kita, karena berbicara merupakan proses pertukaran informasi antarindividu maupun antarkelompok. Tidak adanya keterampilan berbicara yang baik akan menghalangi seseorang, bukan saja dalam hal berkarir, tetapi juga dalam hubungan sosial dan pribadi. Sebuah pesan dapat berubah menjadi sebuah kesalahpahaman, frustasi, bahkan bencana bila terjadi kesalahan dalam penyampaian, ataupun kesalahan interpretasi dari orang yang diajak bicara.

      Agar apa yang kita sampikan dapat dipahami maka perlu adanya  strategi dalam Berbicara. SDalam kamus besar bahasa Indonesia, strategi bermakna rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Strategi kompetensi disebut juga dengan strategi komunikasi atau communication strategies (Thornburry, 2006: 29). Ada beberapa hal yang yang harus diperhatikan dalam strategi komunikasi yakni:

  1. Menggunakan kata-kata yang banyak/tidak langsung (tidak to the point)

Penggunaan kata tidak lagusng menjadi snagat penting .Ingat, kamu akan berbicara di depan umum secara efektif, tentunya waktu yang dibutuhkan tidaklah panjang. Selain itu, pendengar pun lebih senang pidato dengan waktu yang singkat, sehingga tidak bertele – tele.

Singkat bukan berarti kurang, namun kamu harus dapat mengurangi hal – hal yang tidak perlu diucapkan. Berbicara merupakan seni dimana kita dapat menyampaikan sesuatu dalam waktu dua puluh menit dari ribuan kata yang harusnya disampaikan dalam waktu dua jam. Singkat juga bukan berarti terlalu cepat. Kamu pun harus dapat menyampaikan dengan intonasi yang baik pesan yang akan bawakan.

  1. Mengubah kata-kata baru agar lebih dikenal (penyerapan kata asing)
  2. Menggunakan kata-kata yang umum atau sudah dikenal.

Banyak sekali kata – kata yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Termasuk juga kata – kata gaul dan kata serapan bahasa asing. Ketika kamu berbicara di depan umum, lihatlah terlebih dahulu siapa audience mu. Sesuaikan bahasa dan kata – kata yang akan kamu keluarkan. Jangan sampai kamu mengeluarkan kata yang tidak dimengerti oleh umum. Misalnya ketika kamu berbicara dengan orang yang pendidikannya di bawah SMA, jangan menggunakan istilah asing atau istilah yang terlalu ilmiah. Gunakanlah bahasa yang lebih mudah dipahami dan umum bagi mereka. Berbeda halnya ketika kamu berbicara dengan orang yang berpendidikan tinggi, kamu bisa menggunakan bahasa ilmiah atau bahasa asing yang sekiranya dipahami oleh lawan bicara atau audience. Dengan demikian, kamu dapat berbicara secara efektif.

  1. Menggunakan ekspresi atau alih kode

Dalam Berbicara ekrepsi menjadi hal penting. Ini dikarenakan ekspresi turut membantu seseorang menyampikan pesan kepada lawan bicara. contoh:menggunakan bahasa yang sopan pada orang yang lebih tua.

  1.  Menggunakan gerak tubuh atau mimik untuk meyakinkan maksud yang kita inginkan.

Ekspresi wajah atau mimik adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia, tetapi juga terjadi pada mamalia lain dan beberapa spesies hewan lainnya.

Strategi yang telah dijabarkan merupakan bbeerapa dari banyaknya strategi yang dapat digunakan demi mengasah ketrampilan Berbicara di depan orang banyak. Selamat mencoba

Daftar Pustaka:

http://yudha-ganyonk.blogspot.com/2012/04/strategi-meningkatkan-kemampuan.html

http://ciputrauceo.net/blog/2015/6/3/keterampilan-berbicara

http://repository.upi.edu/8719/2/t_pd_0704883_chapter2.pdf

Wikipedia Indonesia