SELAMAT JALAN BAPAK BJ. HABIBIE
Oleh: Ahmad Yani

Selamat jalan Bapak BJ. Habibie. Selamat dihidupkan kembali di sisi-Nya. Kami akan mengiringi keberangkatanmu dengan doa. Berharap Tuhan menuntun menuju kampus kebenaran. Kampus yang melahirkan orang-orang baik di semesta. Jiwa-jiwa yang mampu mengamalkan perintah-Nya sebagai kebijaksanaan dan menjauhi larangan-Nya sebagai kehormatan.

Selamat jalan Bapak BJ. Habibie. Kami memasrahkan perjalananmu kepada Tuhan dengan ikhlas, sebab Dia lah sebaik-baiknya penuntun. Gerbang dunia telah Bapak lewati dengan begitu banyak langkah kebaikan, kini waktunya melangkah ke gerbang akhirat dengan keseluruhan amal baik. Semoga Bapak dimuliakan di sisi-Nya.

Selamat jalan Bapak BJ. Habibie. Ada sebuah nasihat bijak, “Seseorang yang belum bisa berdamai dengan masa lalu diciptakan untuk menjadi bukti bahwa cinta sejati itu ada, meski abadi dalam duka.” Begitu pula kami, tak bisa berdamai dengan masa lalu semasa Bapak ada, seorang jenius, bergaji besar di luar negeri tapi rela pulang demi memenuhi panggilan ‘Ibu Pertiwi’ untuk memimpin negeri ini. Sungguh, abadilah cinta kami pada Bapak dalam tetes air mata di hari perkabungan ini.

Selamat jalan Bapak BJ. Habibie. Negeri ini mencintai Bapak, tetapi Tuhan memanggil Bapak untuk mengabdi di negeri-Nya. Kini Bapak sudah purna sebagai pemimpin dan berjumpa Sang Maha Pemimpin sesungguhnya. Seperti bendera kita, Merah Putih yang perwira, semoga Bapak memenuhi panggilan kepatuhan iman dan takwa di sisi-Nya dengan berani dan suci.

Selamat jalan Bapak BJ. Habibie. Doa kami menyerta, dengan keseluruhan lahir-batin. Aamiin.

Surabaya, Rabu 11 September 2019.