Ikatan Alumni

Alumni adalah mereka yang telah menyelesaikan masa studi (pendidikan) di sebuah lembaga pendidikannya. Alumni dari Program Studi PBSI memiliki himpunan alumni dengan nama Sahabat Alumni PBSI IKIPMu atau yang biasa disapa SABI. Aktivitas yang dilakukan oleh Sahabat Alumni PBSI IKIPMu adalah membuat pertemuan-pertemuan guna untuk memeperlancar kegiatan wisuda dan membantu persiapan Akreditasi Program Studi PBSI, SABI ikut terlibat aktif mengisi kuesioner yang dibagikan oleh program studi

Partisipasi alumni dalam mendukung pengembangan akademik program studi dalam bentuk:

Sumbangan dana Dalam pengembangan akademik SABI ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan dana secara sukarela untuk kegiatan-kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh program studi PBSI.
Sumbangan fasilitas Dalam pengembangan akademik, para SABI menyumbangkan buku untuk menambah koleksi buku di Perpustakaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Keterlibatan dalam kegiatan akademik SABI membantu kelancaran kegiatan Magang di sekolah-sekolah tempat mereka bekerja dengan menjadi perantara komunikasi antara Kampus denganĀ  Sekolah atau Guru pamong dan pemberi informasi terkini dari sekolah ke kampus. Selain itu, alumni juga terlibat dalam menyelenggarakan kegiatan seminar nasional yang dilakukan sebelum tanggal penetapan wisuda.
Pengembangan jejaring SABI saling memberikan informasi lapangan pekerjaan khususnya bagi lulusan yang belum mendapat pekerjaan. Informasi dapat di share melalui group media sosial khusus alumni.
Penyediaan fasilitas untuk kegiatan akademik SABI dapat memperlancar berjalannya KKNP di daerah domisili mereka (seperti menyiapkan tempat penginapan di daerahnya).