Kurikulum

Lulusan Program Studi PBSI adalah Sarjana Pendidikan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak dan berkepribadian luhur sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa dan berwawasan kebangsaan.
  2. Menjadi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kompetensi pedagogi, professional, kepribadian, dan sosial sesuai dengan UU Guru dan Dosen No 14 tahun 2005. 
  3. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia lisan dan tulisan, baik secara produktif maupun reseptif, berupa:
Keterampilan menyimak; Keterampilan berbicara; Keterampilan membaca; Keterampilan menulis; Memiliki pengetahuan yang memadai tentang Bahasa Indonesia, berupa Pengetahuan tentang ilmu kebahasaan (linguistik), kesastraan dan pengajaran serta analisisnya; Pengetahuan tentang seni sastra Indonesia dan apresiasi Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang kependidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, berupa; Pengetahuan dan keterampilan tentang teori pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, interaksi belajar – mengajar, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia; Pengetahuan dan keterampilan tentang metode pembelajaran Bahasa Indonesia; Pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan program pembelajaran bahasa  Indonesia; Pengetahuan dan keterampilan menganalisis, menerapkan kurikulum dan buku sekolah menengah; Keterampilan dalam penyuluhan Bahasa Indonesia; Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang penelitian kependidikan dan menafsirkan hasil-hasil penelitian tersebut dalam usaha pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia, yang meliputi Pengetahuan tentang metode penelitian pendidikan dan keterampilan melakukan penelitian kependidikan bahasa Indonesia; Pengetahuan dan keterampilan menulis makalah ilmiah tentang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Pengetahuan dan keterampilan menyajikan makalah dalam seminar atau pertemuan ilmiah; Pengetahuan dan keterampilan menafsirkan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian kependidikan Bahasa Indonesia. Menguasai IPTEK untuk peningkatan kualiatas pembelajaran Bahasa Indonesia dan pengembangan profesionalisme sebagai Pendidik.