Layanan Mahasiswa

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling Bentuk Kegiatan :Layanan konsultasi mahasiswa tentang masalah-maslah yang di hadapi terkait  masalah  pribadi,keluarga dan  akademik secara kolektif diberikan kesempatan untuk berkonsultasi. Pelaksanaannya: dilaksanakan  oleh DPA  terhadap mahasiswa yang bermasalah dan secara periodik dengan memantau KHS Mahasiswa, sehingga dapat di ambil kebijakan terhadap mahasiswa yang bermasalah. Hasilnya:       mahasiswa      mendapatkan solusi  pemecahan masalah    yang  dihadapinya,serta  dapa meningkatkan prestasi  Akademiknya.
2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Bentuk Kegiatan: UKM Olahraga dan Dakwa. Dalam setiap Unit Kegitan  dibina oleh dosen yang mempunyai spesialisasi masing – masing  cabang  tersebut. Pelaksanaan:   Futsal dilaksanakan Latihan  di  lapangan sewa kerjasama IKIPMu bersama pengelola sarana plahraga lapangan futsal  Waioti Maumere, malam  Jam 19.30 Wita. Bola Voli dilaksanakan latihan di halaman kampus IKIPMu pada hari fakultatif yakni; Jumad dan Sabtu sore Pkl.15.30 Wita. Latihan Tilawah Al- Quran bagi mahasiswa yang beragama Islam   yang di laksanakan  pada 1 kali/ minggu setiap Sabtu 16.30 -17.30 Wita. Hasil: Mahasiswa memiliki ketahanan fisik yang baik dan sehat serta mampu menjadi contoh yang baik sebagai insan yang religius melalui kegiatan Tilawah Al Quran. Bentuk Kegiatan: UKM DALA IKIPMu Pelaksanaan:  Latihan seni pertunjukkan Teater dan Drama di Aula Lt. 3 Gedung Amien Rais IKIPMu setiap hari Sabtu Pkl. 16.00 Wita s.d selesai Latihan seni tari tradisional Masrakat Kab. Sikka di Aula Lt. 3 Gedung Amien Rais IKIPMu setiap hari Sabtu Pkl. 16.00 Wita Hasil: Mahasiswa mampu bermain peran melalui UKM Dala IKIPMu, serta melatih diri untuk tampil di depan umum melalui berbagai pagelaran seni pertunjukkan. Bentuk Kegiatan: UKM Kantar Voice IKIPMu. Paduan Suara IKIPMu. Pelaksanaan: Latihan pada waktu fakultatif 2 pekan sekali pada hari Sabtu Pkl. 15.00 Wita s.d 17.30 Wita di Aula Gedung Ahmad Dahlan IKIPMu. Hasil: Mahasiswa dapat melatih kemampuan vokal
    Bentuk Kegiatan: UKM Mapala IKIPMu (Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam. Pelaksanaan: Kegiatan 1 bulan sekali pada lokasi alam terbuka melalui pendampingan dosen. Hasil: Mahasiswa lebih mengenal alam melalui berbagai kegiatan positif termasuk penanaman kembali hutan-hutan gundul sebagai wujud peduli terhadap masa depan lingkungan hidup. Bentuk Kegiatan: UKM Pramuka Pelaksanaan: Kegiatan dilakukan 1 kali dalam sepekan dilingkungan kampus diawali dengan penyampaian teori dasar Pramuka yang disampiakan oleh Dosen pembina Pramuka. Selain itu ada kegiatan perkemahan yang dilakukan diluar kampus. Hasil: Mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar pramuka an bagai mana cara penerapannya. Bentuk Kegiatan: UKM Dala Gete IKIPMu Pelaksanaan: Kegiatan rutin latihan pada hari Sabtu di halaman kampus IKIPMu Pkl. 15.00 Wita s.d. 17.30 Wita. Hasil: Mahasiswa mampu memainkan alat musik tradisional dan melestarikan budaya kearifan lokal masyarakat Kab. Sikka. Melalui alat musik tradisional.
3 Pembinaan soft skills Bentuk Kegiatan: Latihan  Dasar Kepemimpinan (LDK) Pelaksanaan: Kegiatan LDK  tersebut dilaksanakansatu tahun sekali di awal semester ganjil oleh Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM) IKIPMu. Hasil: Kegiatan ini  dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa dalam kepemimpinan berorganisasi  kampus maupun organisasi kemasyarakatan serta menambah pengalaman dan penguatan dan pengalaman  ideologi tentang kemuhammadiyahan. Bentuk Kegiatan: Darul Arqam Dasar (DAD) Pelaksanaan: Pelaksanaan  dilaksanakansatu tahun sekali di awal semester ganjil DAD bekerjasama dengan Komisariat  Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Hasil: Kegiatan ini  dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa dalam kepemimpinan berorganisasi  kampus maupun organisasi kemasyarakatan serta menambah pengalaman dan penguatan dan pengalaman  ideologi tentang kemuhammadiyahan.
4 Beasiswa   Bentuk Kegiatan: Beasiswa PPA dan Beasiswa Bidik Misi. Pelaksanaan: Pelaksanaan penerima beasiswa dilakukan setiap tahun dan diperuntukan kepada
    mahasiswa yang memiliki kriteria sebagai penerima bantuan beasiswa baik PPA maupun Bidikmisi. Misalnya tidak mampu tetapi memiliki prestasi akademik yang baik. Hasil: Mahasiswa yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu tetapi memiliki nilai akademik yang baik dapat terbantu untk mengenyam pendidikan di IKIPMu.
5 Kesehatan   Bentuk Kegiatan: Pelayanan Penyuluhan; pergaulan bebas, HIV AIDS, Narkoba dsb Pelaksanaan: Kegiatan Pelayanan Penyuluhan kesehatan dilakukan 1 tahun sekali atas kerjasama IKIPMu dengan Dinas Kesehatan Kab. Sikka dalam rangka menekan angkampengidap HIV AIDS, serta memberikan seminar kesehatan kepada Mahasiswa terkait dengan dampak pergaulan bebas. Hasil: Mahasiswa memahami pentingnya hidup sehat dan meneruskan informasi kehatan kepada sanak saudara,kenalan serta masyarakat luas setelah memahami maksud diadakannya penyuluhan kesehatan.
6 Pelatihan Kader Muhammadiyah Bentuk Kegiatan: Baitul Arqam, Darul Arqam Nasyiatul Aisyiyah (DANA), Darul Arqam Dasar (DAD) dan Taruna Melati (TM). Pelaksanaan: Kegiatan dilakukan minimal 3 hari Hasil: Memberikan penanaman ideologi muhammadiyah serta membangun kesadaran bermuhammadiyah dan bermasyarakat bagi kader, simpatisan dan anggota Muhammadiyah.